Kenapa Telinga Berdengung

|

Ketika saya berjalan bersama teman-teman, salah satu teman saya bertanya kepada saya kenapa telinganya kadang-kadang sering berdengung. Lalu saya jawab dengan syarah yang ada, yaitu sesungguhnya suara "nging" (berdengung) dalam telinga itu karena Rasulullah SAW menyebut orang yang telinganya bersuara itu dalam perkumpulan yang tertinggi (al malail a'la) dan supaya ia ingat kepada Rasulullah SAW dan membaca shalawat kepada beliau. Dalam kitab al 'Azizi 'ala Jami'ish Shaghir dikatakan, "Jika telinga salah seorang kalian berdengung,  hendaknya ia mengingat aku (Rasulullah SAW) dan membaca shalawat kepadaku serta mengucapkan Dzakarallahu man dzakarani bikhayr (Allah menyebut yang menyebutku dengan kebaikan). "Imam Al Manawi berkata, "Sesungguhnya telinga itu berdengung ketika datang berita baik ke ruh, yaitu Rasulullah SAW telah menyebut orang tersebut (pemilik telinga yang berdengung) dengan kebaikan di al malail a'la (perkumpulan atau majelis tertinggi) di alam ruh."

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum.Subhanallah...telinga saya pernah beberapa kali berdengung dan hatipun serasa berdebar-debar.Tapi saat itu yg saya tahu dari org tua dulu bahwa saya sdg dibicarakan org.Dan spy dijauhkan dari keburukan mmbaca Lahaulawala quwataillabillahil alihilaziim dan meniupkan udara ketelapak tangan lalu ditutupkan ketelinga yg brdengung tsb. Ternyata saya salah.Namun Sekarang Alhamdulillah saya sdh tahu stelah membaca blog ini.Trimakasih...wassalam

Posting Komentar